HUBUNGI KAMI :

+62.812.3001.1136

Berita

Home   /   Berita / Detail

24 Sep, 2020

ITS Soft Launching Kapal Pintar Tanpa Awak (I-Boat) di Area PT. Galangan Kapal Madura (GAPURA)

By: Tim Berita PT. Galangan Kapal Madura

PT. Galangan Kapal Madura (GAPURA) ikut andil dalam mendukung kegiatan peringatan Hari Bahari Nasional. Dalam rangka tahun ini, PT.Galangan Kapal Madura (GAPURA) berkerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Dimana, Institut Teknologi Sepuluh Nopember memperingati Lustrum XII dan Soft Launching Kapal pintar tanpa awak bernama Intelligent Boat (I-Boat) di area PT. Galangan Kapal Madura.

I-Boat adalah kapal autonomous yang dapat dijalankan dengan implementasi teknologi Artificial Intelligence dan Internet of Things. Peluncuran I-Boat ini dilakukan oleh Rektor ITS yaitu Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng yang disaksikan oleh Menteri Perhubungan yaitu Ir. Budi Karya Sumadi secara virtual. 

Sambutan dari Kemenhub bahwa sangat bangga akan hadirnya inovasi kapal canggih yang dikembangkan oleh ITS, terlebih lagi pengembangan ini dilakukan oleh kerjasama antara alumni dan industriawan yang ada di Jawa Timur. Selanjutnya, Kemenhub akan membuat lembaga untuk mengembangkan riset ini, dengan tujuan ITS tidak susah untuk melakukan riset ditempat yang lain. Menurut Kemenhub, perilisan I-Boat menjadi inovasi dan usaha di bidang kelautan, khususnya perkapalan. Dan berharap nanti saat 10 Nopember, I-Boat sudah bisa beroperasi secara masif, sehingga yang awalnya diharapkan baru dua tahun lagi bisa menjadi lebih cepat.

Selanjutnya sambutan dari wakil Gubernur Jawa Timur yaitu Dr. H Emil Elestianto Dardak B.Bus, M.Sc melalui sambutan virtual. Beliau mengatakan bahwa wujud komitmen daerah selalu mendukung pengembangan riset, banyak program inovasi yang dikembangkan selama pandemi Covid-19. Dan menurut Wakil Gubernur Jatim bahwa dengan adanya karya-karya ini, kami tidak akan menyerah untuk mendukung dan bahu-membahu memberikan keberpihakan kepada ITS dan karya anak bangsa lainnya.

Dan juga turut dihadiri oleh Ketua Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) yaitu Letnan Jenderal TNI Doni Manardo secara virtual. Pada sambutannya, beliau mengapresiasi inovasi dari setiap anak bangsa dan berharap anak muda lainnya bisa ikut andil dan tertantang untuk berinovasi. Dan berharap hasil karya ini meningkatkan motivasi para peneliti muda lainnya untuk meningkatkan kembali di berbagai bidang. Bahkan didalam penuturannya bahwa BNPB berminat untuk membeli kapal pintar I-Boat dengan teknologi yang akan disesuaikan dengan kebutuhan BNPB.

Cara kerja I-Boat menurut Manajer Klaster Maritim -STP ITS, Ir. Tri Achmadi PhD menjelaskan bahwa kapal ini dikendalikan oleh operator yang bersangkutan. I-Boat dirancang dapat diperintah untuk menuju lokasi koordinat tertentu yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dan jika terdapat koneksi internet di wilayah operasionalnya, pengguna dapat menggunakan I-Boat  melalui aplikasi User Interface yang bersifat web-based maupun yang beroperasi melalui gadget android.

Selanjutnya Rektor ITS menambahkan bahwa I-Boat memiliki jangkauan jarak yang sampai 10 kilometer dari operator, dan I-Boat akan terus dilakukan regenerasi dan perkembangan pada desain dan fiturnya. Berkat kerjasama dari 41 tenaga ahli yang terdiri dari Profesor, Doktor, Master, dan Mahasiswa dari berbagai bidang kompetensi keilmuan di ITS. I-Boat siap untuk dioperasikan secara komersial setelah mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Perhubungan RI.

Dan juga sambutan dari Ketua IKA ITS yaitu Ir. Sutopo Kristanto MM melalui aplikasi Zoom, ia menambahkan bahwa IKA ITS akan selalu mendukung proses hilirisasi dari produk inovasi ITS melalui jaringan yang dimiliki oleh alumni. Dan IKA ITS selalu berupaya mencermati apa saja hasil inovasi dan membuat peta jalan yang dihasilkan oleh almamater ITS.

Dan terakhir dari Direktur Utama PT.Galangan Kapal Madura (GAPURA) yaitu Ir.Benny Benyamin, menambahkan bahwa kedepannya diharapkan semakin gencar dan kerjasama antara perguruan tinggi dan industry perkapalan demi memajukan teknologi kemaritiman di Indonesia. Dan PT. GAPURA sebagai salah satu perusahaan dibidang perkapalan, selalu mendukung dengan perkembangan dan inovasi teknologi maritim dari karya-karya anak bangsa Indonesia.    

Top