HUBUNGI KAMI :

+62.812.3001.1136

Berita

Home   /   Berita / Detail

31 Jul, 2020

Mewujudkan Kebersamaan Idul Adha PT. Galangan Kapal Madura (GAPURA) dengan Masyarakat Sekitar Saat Pandemi Covid-19

By: Tim Berita PT. Galangan Kapal Madura

Perayaan Idul Adha yang jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020 tampak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19. Pada tahun sebelumnya, dengan kondisi normal, Idul Adha biasanya diawali dengan berkumpulnya umat Islam di masjid atau di lapangan pada pagi hari untuk melaksanakan shalat Idul Adha berjamaah dan dilanjutkan dengan proses penyembelihan hewan kurban. Namun, selama pandemi ini, umat Islam yang merayakan Idul Adha diwajibkan mengikuti protokol kesehatan yang diberikan oleh Pemerintah selama penyebaran Covid-19 masih ada. Misalnya sembahyang dilaksanakan di setiap rumah dan proses pembagian daging kurban dilakukan dengan cara membagikannya ke rumah warga, tanpa harus berkumpul di area masjid atau di lapangan.

Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) yaitu KH. Cholil Nafis mengatakan Idul Adha selama pandemi Covid-19 akan semakin memperkuat ikatan keluarga. “Kita mungkin tidak akan pernah mengalaminya lagi sampai kita dipanggil oleh Allah seperti sekarang ini. Di mana kita banyak di rumah, lalu rayakan lebih khusyuk bersama keluarga, takbiran bersama keluarga, mungkin ada yang shalat bersama keluarganya.” KH.Cholil ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (28 Juli 2020). Dengan keterbatasan akibat penyebaran Covid-19, KH. Cholil mengajak umat Islam untuk mengembalikan makna Idul Adha kepada pengabdian kepada pencipta. Dan bukan daging kurban yang diberikan, bukan penyembelihan, melainkan bakti yang digunakan sebagai tolak ukur pengorbanan.

Menurut masyarakat Indonesia, Idul Adha bukan hanya hari raya yang diperuntukkan bagi umat Islam, namun Idul Adha merupakan waktu yang istimewa untuk berbagi antar sesama warga. Sehingga setiap tahun dan rutin PT. GAPURA turut serta memeriahkan Idul Adha melalui program pemberdayaan bagi masyarakat sekitar. Program ini membagikan 2 ekor hewan kurban berupa kambing kepada masyarakat RT 02 RW 09 Kampung Dumarah, Desa Banyuajuh, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan yang diwakili oleh Ketua RT.  Dan menyembelih 1 ekor sapi di area perusahaan PT GAPURA dimana dagingnya diberikan kepada karyawan dan pekerja harian internal PT GAPURA. Distribusi ini diserahkan oleh PT. GAPURA diketuai oleh Pak Rajiyanto selaku Kepala Humas.

Dan Pak Rajiyanto berharap program seperti ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar perusahaan PT. GAPURA terkena wabah Covid-19, dan berbagi keberkahan dengan memaknai Idul Adha, sehingga dengan harapan baik perusahaan maupun masyarakat sekitar mendapatkan kesenangan dan kelancaran dalam setiap pekerjaan.

Top